GANDENG RUMAH SAKIT PEMERINTAH DAN SWASTA, PROGRAM PANGSIT DUKCAPIL LOMBOK TIMUR SIAP TUNTASKAN DOKUMEN ADMINDUK BAYI BARU LAHIR

  • Jumat, 17 September 2021 - 14:20:21 WIB
  • Hidayatul Jumah
GANDENG RUMAH SAKIT PEMERINTAH DAN SWASTA, PROGRAM PANGSIT DUKCAPIL LOMBOK TIMUR  SIAP TUNTASKAN DOKUMEN ADMINDUK BAYI BARU LAHIR

PANGSIT (Pelayanan Adminduk Bareng Rumah Sakit) adalah inovasi baru yang diluncurkan pada bulan Januari Tahun 2021 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur dan bekerjasama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta dalam pelaksanaannya. Sasaran program PANGSIT ini adalah Tuntas dokumen Adminduk bagi bayi lahir di Rumah sakit melalui program PANGSIT.

Program Pangsit ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2019 tentang percepatan kepemilikan akta kelahiran, dimana sector kesehatan merupakan salah satu pihak yang dilibatkan pro aktif dalam mewujudkan tercapainya percepatan kepemilikan dokumen kependudukan berupa akta kelahiran khususnya bagi anak-anak.                         

 

 

Dukcapil Lotim saat ini telah menggandeng rumah sakit pemerintah dan swasta yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soedjono Selong, Rumah Sakit Namira, Rumah sakit (Lombok Medical Center) LMC dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kuncup Bunga dalam pelaksanaan program PANGSIT.

Pada hari Jumat tanggal 10 September 2021 yang bertempat di RSUD Dr. R. Soedjono Selong, Dinas Dukcapil melaksanakan rapat koordinasi dengan RSUD. Rapat ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kerjasama yang telah terjalin sejak tahun 2019 dan sempat terhenti karena pandemic Covid-19, dengan skema baru yaitu pihak RSUD menunjuk seorang staf yang khusus menangani program PANGSIT.

Adapun berkas persyaratan harus dilengkapi pemohon untuk pendaftaran pembuatan dokumen Adminduk melalui program pangsit adalah Surat Keterangan Lahir, KK, KTP-el orang tua, Buku nikah orang tua (Jika tidak ada, bisa mengisi SPTJM). Pelayanan PANGSIT bersifat terintegrasi, jadi pemohon yang mengajukan pembuatan akta kelahiran nantinya akan mendapatkan tiga dokumen kependudukan sekaligus yaitu Akta Kelahiran, KIA, dan Kartu Keluarga yang telah di update dan terkonsolidasi.

“Kedepannya Program Pangsit ini akan terus dikembangkan dan harapannya seluruh rumah sakit yang ada di Lombok Timur dapat bergabung, sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat dan hak sipil bagi anak yang baru lahir terpenuhi sejak dini dan memiliki identitas yang jelas, Sasaran layanan Program Pangsit ini kedepannya bukan hanya untuk percepatan peningkatan akta kelahiran akan tetapi akan dikembangkan dengan adanya layanan Akta Kematian juga”, Ungkat Yazid Shobri, S.E selaku Kepala Seksi Kelahiran.

 

  • Jumat, 17 September 2021 - 14:20:21 WIB
  • Hidayatul Jumah

Berita Terkait Lainnya